Rabu, 03 November 2010

Olahraga Mata Agar Tak Pakai Kacamata

Latihan mata dapat membantu memperkuat indera penglihatan Anda agar terhindar dari penggunaan alat bantu penglihatan alias kacamata. Setidaknya ada tiga latihan yang dapat menyehatkan mata.

Latihan mata sangat dibutuhkan agar terhindar dari pemakaian kacamata. Bahkan, orang dengan mata silindris, insufisiensi konvergensi dan otot mata yang lemah dapat merasakan manfaat yang besar dari latihan mata.

Melakukan latihan mata tidak hanya memperbaiki penglihatan, tetapi juga dapat mengurangi masalah yang disebabkan oleh ketegangan mata, seperti sakit kepala. latihan mata tidak memerlukan waktu yang lama serta dapat dilakukan hampir di mana saja.

berikut 3 jenis latihan yang dapat menyehatkan mata:

1. 20-20-20

Latihan 20-20-20 dapat membantu mata untuk lebih fokus dan rileks ketika sedang merasa tegang. Untuk melakukan latihan ini, Anda cukup mengatur waktu untuk melakukan hal-hal tertentu dalam waktu 20 menit, misalnya melihat benda tertentu selama 20 menit.

Untuk setiap 20 menit lakukan tugas yang seragam, kemudian ambil waktu 20 detik untuk berkonsentrasi pada objek lain yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meter) dari Anda.

Hal ini memungkinkan mata Anda rileks dan fokus dalam jangka waktu singkat dan kembali ke aktifitas sebelumnya dengan penglihatan yang lebih jelas.

2. Memutar mata

Sama halnya dengan peregangan bahu atau kaki, memutarkan bola mata dapat membuat mata Anda rileks kembali. Latihan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi, yang juga memungkinkan peningkatan jumlah nutrisi dan aliran oksigen ke daerah mata.

Menurut Chinese Holistic Health Exercises, latihan memutar mata dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring. Buka mata dan putar searah jarum jam setidaknya 20 kali. Berkedip beberapa kali dan kemudian ulangi dengan memutar mata dengan arah yang berlawanan.

3. Jarak fokus

Latihan fokus pada jarak dapat memperbaiki dan membangun kembali penglihatan Anda. Setelah sekian lama mata fokus pada objek dengan jarak dekat, seperti melihat komputer, televisi, dokumen atau objek-objek lain, luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk ke luar ruangan yang memungkinkan mata Anda melihat dengan fokus pada objek yang jauh.

Untuk melakukan latihan ini, temukan objek terjauh yang dapat Anda lihat dan fokuslah pada objek tersebut. Biarkan mata Anda merasakan perbedaan fokus jarak jauh dan dekat. Ini bisa menghindarkan mata Anda menjadi cacat atau menggunakan kacamata.

Tidak ada komentar: