Rabu, 23 Februari 2011

(NO SARA) Ajaran KOS (Kristen Ortodok Syiria) yang mirip dengan ajaran Islam

KOS ( Kristen Ortodoks Syiria ) merupakan salah satu sekte aliran kristen yang ajarannya sangat persis dengan Islam dari cara berpakaiannya yang memakai peci/kopiah, baju koko, sajadah dan juga jilbab. Terlebih lagi dalam cara beribadahnya, ajaran ini mengenal sholat dengan 7 waktu, yaitu: sa'atul awwal (shubuh), sa'atuts tsalis (dhuha), sa'atus sadis (Zhuhur), sa'atut tis'ah (ashar), sa'atul ghurub (maghrib), sa'atun naum (Isya'), dan sa'atul layl (tengah malam/tahajud). Sangat mirip bukan??

Selain shalat, KOS juga memiliki pokok-pokok syari’at yg mirip dengan Islam, seperti:
1. KOS berpuasa 40 hari yg disebut shaumil kabir yang mirip puasa ramadhan
2. KOS memiliki puasa sunnah di hari Rabu & Jum’at yang mirip dg Puasa Sunnah senin & kamis
3. KOS mewajibkan jama’ahnya berzakat 10% dari penghasilan kotor (bruto)
4. Kalangan perempuan KOS juga diwajibkan mengenakan Jilbab & jubah yang menutup aurat hingga mata kaki
5. Pengajian KOS juga menggunakan tikar/karpet (lesehan), layaknya umat Islam mengadakan pengajian
6. Mengadakan acara Musabaqoh Tilawatil Injil dengan menggunakan Alkitab berbahasa Arab
7. Mengadakan acara rawi dan shalawatan ala KOS mirip apa yg dilakukan oleh sebagian kaum muslim
8. Mengadakan acara Nasyid, bahkan sekarang sudah ada Nasyid “Amin Albarokah“ & Qasidah Kristen (dg lirik yg mengandung ajaran Kristen berbahasa Arab)

Meski terlihat sangat santun & membiasakan berbahasa Arab (Ana, Antum, Syukron, dsb), tetapi mereka tetaplah Kristen. Kitab suci mereka tetap saja Alkitab, dan mereka tetap menuhankan Yesus dalam Trinitas. Hanya metodologi da’wah yang menyerupai umat Islam karena KOS berasal dari Syria. KOS tidak memakai 12 syahadat Iman Rasuli umat Kristen, sebagai gantinya mereka memakai ”Qanun al-Iman al-Muqaddas”. Penggunaan istilah islam sangat sering dijumpai, seperti ”Sayyidina Isa Almasih” untuk penyebutan Yesus. Mereka juga memakai Injil berbahasa Arab (Alkitab AlMuqaddas).

Meskipun ajaran KOS dg ajaran Islam sangat mirip dalam pelaksanaannya, akan tetapi KOS dan Islam sangat jauh berbeda dari segi Tauhid atau keyakinan. Prinsip ajaran KOS masih berputar sekitar masalah trinitas, yaitu mengakui adanya Tuhan bapak, tuhan anak dan Ruh kudus. Dan juga Yesus peranakan Maria, memiliki sifat insaniyah (sifat seperti manusia): tidak tahu musim, (Mar 11: 13), lemah (Yoh 5:30), takut (Mat 26:37), bersedih (Mat 26:38), menangis (Yoh 11:35), tidur (Mat 8:24), lapar (Mat 4:2), haus (Yoh 19:28),dsb.

Perbedaan Prinsip ajaran Islam dengan KOS (Kristen Ortodoks Syiria):
Tauhid yang diajarkan Islam bertentangan dengan KOS. Islam menolak ketuhanan Yesus (Qs. Al Maaidah 72), sedangkan KOS mengakui Yesus sebagai Tuhan.

Islam berkeyakinan bahwa Tuhan itu tidak punya Ayah & Ibu (Qs. Al Ikhlash 3), sedangkan KOS memiliki keyakinan , yaitu mengakui adanya Tuhan bapak, tuhan anak dan Ruh Kudus. Dan bahwa Maria adalah Walidatul ilah (Ibu Tuhan).

Islam memegang teguh kesucian nama & sifat Allah: Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, Allah Maha Mengetahui, Maha Kuat, Mha Melihat, Tidak tidur dan tidak serupa dg makhluk-Nya,dsb.. (sangat banyak ayat Al-Qur’an yg menyatakan sifat-sifat Agung bagi Allah)
sementara KOS tidak kuasa membendung kekurangan-kekurangan dalam sifat kemanusiaan Yesus yang tertulis dalam Alkiab.

Walaupun jika ditinjau dr tauhid dan keyakinan, kita dpt mengetahui kalau KOS bukanlah ajaran Islam tp ajaran ini sangat harus kita waspadai karena tampak luarnya dia mirip dg seorang Islam yg memakai peci baju kokp, berjilbab serta puasa dan shalat dan juga nasyid berbahasa Arab tetapi mengandung lafazh kesyirikan dan mengangungkan yesus yang mereka anggap sebagai tuhan.

Berikut adalah gambar2 ritual ajaran KOS:

lambang KOS:
buku shalat KOS:
tata cara shalat KOS:Dalam shalatnya, sewaktu ruku', mereka membuat tanda salib seperti Kristen kebanyakan.
Lafazhnya: "Bismil Abi, wal ibni, wa ruhulqudusi, al ilaahu waahid"
(Dengan nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, Allah yang Esa)

tata cara shalat KOS:jarak shaf renggang2 tidak merapatkan dan meluruskan shaf,
salam imam KOS kalau mengakhiri sholat, IMAM = ''ASSALAAMU'ALA JAMIIKUM '' (kesejahteraan bagimu wahai jamaahku) kemudian makmum menjawab = ''WA MAA RUHIKA AIDHAN'' (beserta ruh mu juga)

Musabaqah Tilawatil Injil:membaca Injil yg berbahasa Arab

Grup Nasyid Amin Al-barokah:bacaan nasyid berbahasa Arab tetapi mengandung ajaran kristen dan pengagungan terhadap Yesus

60 komentar:

Anonim mengatakan...

Bertobatlah manusi....kamu berada dalam lingkaran setan yang nyata. ajaran ini sesat dan menyesatkan.

Anonim mengatakan...

Aliran KOS ini udah ada sejak awal agama nashara muncul. Beberapa sumber dari kekristenan Barat yg memusuhi mereka dg berusaha mati2an utk menjelek2kan KOS ini. Jadi KOS bukan aliran baru yg diada2kan di Indonesia buat menarik perhatian kita.
Kalo kita liat arsitektur masjid di seluruh dunia sebenarnya mencontoh bentuk gereja KOS, bahkan masjid pertama di Suriah itu sebelumnya adalah gereja yg diberikan pd pengikut Rasulullah SAW di Suriah.
Soal salat mereka, itu jg udah ada sebelum Islam lahir, gimana bisa sama? ga tau, yg jelas Rasulullah SAW pernah dekat dg rahib dr Bahira yg masih terkait erat dg KOS.
KOS di Indonesia jg bekerjasama dg Dr. Nurcholis Majid & Yayasan Paramadina, dll. Yah, sepanjang mereka ga mengatakan dg jelas kalo mereka itu nasrani ya ga apa2.
Wassalam.

Tufik Hidayat mengatakan...

sejarah adalah sejarah, apapun kata para pelakunya. kembali pada individu masing2, krena masing-masing jiwa akan bertanggung jawab pada penciptanya sendiri-sendiri.....!. Dan demi kepercayaan yang dianut, sesorang siap mengorbankan jiwa dan raganya untuk membelanya....! Berhati-hatilah wahai saudara ku....!

taufik hidayat mengatakan...

sejarah adalah sejarah, apapun kata para pelakunya. kembali pada individu masing2, krena masing-masing jiwa akan bertanggung jawab pada penciptanya sendiri-sendiri.....!. Dan demi kepercayaan yang dianut, sesorang siap mengorbankan jiwa dan raganya untuk membelanya....! Berhati-hatilah wahai saudara ku....!

Anonim mengatakan...

Reka Ulangnya begini:
1. Tuhan para Nabi Itu Sama (Allah)
2. Agama para Nabi itu sama (Tauhid/Monotheis)
3. Keyakinan Para Nabi Sama (Islam)
4. Tetapi cara Ibadah mereka berbeda sesuai dengan kitab/wahyu yang diberikan kepada mereka.

Maka ringkasnya secara umum, Cara ibadah mereka banyak yang sama (misal Sujud, dzikir, berkorban, sedekah, puasa, dll) tetapi juga ada yang berbeda sesuai dgn update dari kitabnya. (Buat yg muslim lihat kisah Isra' mi'raj).

Cara Yahudi diupdate ke Nasrani, kemudian Cara Nasrani diupdate Cara Islam. Bisa dibilang Kristen Orthodok ini memang menyimpang tetapi masih jauh lebih banyak aslinya dari pada kristen kebanyakan saat ini.

Bandingkan cara Ibadah umat Yahudi, Kristen Orthodok, dan Islam itu mirip. Yang jauh menyimpang Katolik dan Protestan.

Dan Allah yang lebih tahu kebenarannya

ummu faid mengatakan...

IZIN SHARING DI BLOG SAYA YAA..., SAYA SHARING FOTO2NYA JUGA UNTUK KEPERLUAN DAKWAH, TERIMA KASIH, MAMPIR KE BLOG SAYA YA DI http://mamafaid.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Aliran KOS ini udah lama x . .
jangan bilang kalo ini ajaran sesat . . .
di negara ARAB orang yang beragama kristen memakai kopiyah,kerudung n peci jadi jangan heran dan jangan anggap ini ajaran sesat yaa..
menurut saya yang berkata kalo ini ajaran sesat malah merekalah yang ga mengrti agama di dunia timur tengah yang beragama kristen . .

seperti di ARAB kristen, palestina, irak, mesir, iran, dll mereka kristen yang sama dengan KOS.

andri katel mengatakan...

photo copy agama islam bikin agama gak ada inspirasi


wkwkwkwkwwkwkw,,,

Anonim mengatakan...

apa? photo copy ajaran islam? bukan nya islam itu hasil foto kopi nasrani? gak tahu diri lo.

Anonim mengatakan...

mau islam, kristen, protestan,hindu, budha konghucu,kaharingan dllll,, asal engak merugikan orang lain, dan hidup damai gak masalah,,,,
lagian soal kepercyaan,, hati lbih berperan.....
And nanti a semua mnangung tngung jawab masing2,, agama q ,agama ku, agama mu,agama mu,,,,,,

Pengobatan Alternatif Sakit Pinggang mengatakan...

bagimu agama mu, bagiku agama ku..

Desmon mengatakan...

udah gag usah berdebat, jalankan yang baik jauhkan yang jahat.

Anonim mengatakan...

andri katel=> tolol lu gan...

Anonim mengatakan...

geus puguh nu kitu mah jadi suluh naraka...kristen yahudi saruana ..

obat hipertensi herbal mengatakan...

kalo seandainya merusak akidah ajaran muslim bagaimana sikap para kaum silam? dengan hal seperti itu

Anonim mengatakan...

manusia mempunyai keyakinan yg berbeda beda untuk menuju ketenangan hati,jadi klo menurut saya pribadi ya sah2 aja selama tidak melanggar hukum pemerintahan toh ajaran mereka jg mengajarkan tentang kebaikan cm berbeda dlm hal ketauhidan

Anonim mengatakan...

udah gan masuk KOS aja jadi biar ga usah bicara yang ga jelas... biar nanti lo sendiri aja yang bisa bertanggung jawab dengan perbuatan lo.. ok gan

argi sutamto mengatakan...

Yawdah bner kta agan itu..
Agamaku ya agama ku, agama mu ya agama mu,.
Yg terpenting adalah jgan saling menghasut, menghina..
Memang saya agama islam, tp ada saudara jauh saya yg non islam, jd buat apa kta berdebat toh..?
Ayo saudara-saudaraku ingat lah bhineka tunggal ika..
Walaupun berbeda beda tetapi tetap satu..
Wasalammualaikum :* :)

Anonim mengatakan...

semua itu adalah keyakinan masing2 manusia,,
sesat atau tidaknya suatu ajaran bagi islam itu yang menentukan ya Allah
islam itu agama yang paling benar,, selain dari itu ya bukann,,
walaupun nantinya islam itu akan memiliki banyak aliran,, v kalo pedomannya masih Al Quran,, dan hadis insya Allah perbedaan pandangan itu bisa di terima,,

Anonim mengatakan...

Dulu sempat aku berfikir apa yang membedakan antara islam dengan non islam....
dari pengalaman pencarian ternyata bukan dari sisi fisik termasuk ritual.... abukti sudah semakin jelas ...
islam bukan dari cara berpakaian...
rasulullah mencontoh paman-pamannya dalam berpakaian....hanya lebih disempurnakan
dari perawakan.. jenggot dll
semua yang bersifat fisik dan ritual adalah hal yang mudah dan gampang ditiru... termasuk sodaqoh, puasa dan tilawatil, sholat...
Lalu pernahkah berfikir sebenarnya apa itu islam fungsi dan gunaya bagi umat manusia diseluruh dunia ???
Apa guna dan fungsinya Al Quran sebagai alat dalam mncapainya...???
Alangkah naifnya kalo Ribuan Ayat dalam AlQuran hasil outputnya hanyalah sholat yang tak didirikan, jenggot, celana diatas mata kaki, baju gamis, puasa yang tak memberi kesan, zakat yang tak terkontrol dll...
Bukan AlQuran memahami konsep perbaikan manusia, alam semesta, termasuk mahkluk hidup dan tak hidup, menyempurnakan aturan dan pelaksanaan serta kontrolnya...
Sungguh AlQuran itu memanusiakan manusia dan menyempurnakan alam semesta sehingga semua menjadi rahmat....
Amin..

Anonim mengatakan...

Menurutku itu katolik kuno... jd bukan jiplak islam atau ajaran sesat. Itu justru terjadi sebelum islam ada... islam hadir setelahnya dengan alquran sebagai sebagai penyempurna kitab yg udah ada (taurat,zabur,injil).dan Muhammad sebagai Nabi terakhir.
Klo ada yg blg penyempurna alquran atau nabi baru itu br sesat... so KOS itu agama kuno. Jauh sebelum islam..

Anonim mengatakan...

Sedikit tentang sejarah Gereja Syria, Gereja Timur. Sedang Gereja Katholik dan Protestan adalah Gereja Barat.

Sejarah Kanisah Orthodox Syria

Bangsa Syria adalah bangsa Aramia itu sendiri, yaitu para penghuni kawasan Bulan Sabit Subur (Syria, Libanon, Yordan, Palestina, Iraq dan Turki sebelah Tenggara). Mereka berasal dari gurun Syria pada abad ke-14 sebelum Masehi, dan mendiami pusat-pusat kota serta mendirikan banyak kerajaan. Yang terkuat dari kerajaan-kerajaan Aramia adalah kerajaan-kerajaan Damaskus, Nahreen (Mesopotamia), Sobah dan Padan-Aram. Mereka menggunakan bahasa mereka di seluruh daerah kekuasaan mereka dan menjadi para penguasa di kawasan itu selama lima abad berturut-turut. Kedaulatan mereka berakhir pada tahun 732 sebelum Masehi dengan jatuhnya Damaskus di tangan bangsa Ashur (Assyrian). Sekalipun kedaulatan politis mereka telah lenyap, mereka tetap menjadi bagian terbesar dari populasi di kawasan itu, dan tetap memainkan peranan besar dalam sejarah dunia.

Bahasa Arami mereka tetap berdaulat tanpa tanding di seluruh kawasan Timur Tengah dalam segala aspek peradaban, khususnya dalam bidang pengetahuan, dan masih tetap tak tertandingi bahkan setelah invasi Islam Arab pada abad ketujuh Masehi. Bahasa Arami masih tetap lestari pada nama-nama ratusan kota dan desa-desa di Timur Tengah, khususnya di Syria, Libanon dan Iraq. Pemakaian istilah “Syria” dan “Syrian” menunjukkan tanah Aram dan bangsa Aramia, yang sudah dipakai sebelum kelahiran Almasih, di era Selucia, tepatnya setelah diselesaikannya versi Alkitab Perjanjian Lama versi Septuaginta pada tahun 280 sebelum Kristus, di mana kata “Aram” diterjemahkan sebagai Syria, yaitu kata yang sama maknanya dengan “Aram”. Dari sini, nama “Syria” mulai menggantikan kata “Aramia” secara perlahan-lahan. Setelah kelahiran Kristus, nama baru itu mulai digunakan secara luas sampai akhirnya hampir menghilangkan nama Aramia di seluruh wilayah geografis Syria. Karena bangsa Aramia itu, yang kemudian telah menjadi orang-orang Kristen, mereka jadi sangat saleh dan berpegang teguh pada agama mereka yang baru itu, dan karena bangga akan Para Rasul Almasih yang menjadi para panutan mereka, maka mereka kemudian meninggalkan nama “Aramia” kemudian menggantinya dengan sebutan “Syria” dengan maksud untuk memisahkan diri dari pertalian mereka dengan orang-orang kafir Aramia.

Namun, sekelompok penulis masih tetap menggunakan istilah “Aramia” ketimbang sebutan “Syria” karena menganggap kedua sebutan itu sama saja artinya. Misalnya, mereka akan katakan, “Ia adalah ‘penulis Syria Aramia’ dan ‘bahasa Syria Aramia’. Tetapi, tidak pernah dikatakan “Gereja Aramia” ketimbang “Gereja Syria”; istilah “Suryani” atau “Syria” dalam bahasa Arami Syria adalah “Suryoyo” dan terjemahan tepatnya adalah “Syria”, yaitu seorang warga negara Syria (Syria secara geografis). Tetapi, secara universal istilah “Gereja Syria” berarti semua gereja yang dulu dan sekarang menggunakan bahasa Syria (Arami) sebagai bahasa liturgi mereka, dan yang dulunya dan yang sekarang ini berada di bawah yurisdiksi Patriarkh Anthiokhia.

Anonim mengatakan...

Lahirnya Gereja Syria

Gereja Syria diawali dari Yerusalem yang terdiri dari para Rasul Yesus Kristus, para penginjil dan orang-orang Yahudi yang telah menjadi Kristen. Gereja ini kemudian berpindah ke kota Antiokhia, dan kemudian ke Urhoy (Eddesa) ditambah dengan orang-orang Aramia yang sudah bertobat dan bangsa-bangsa non-Yahudi yang lain. Gereja ini pertama kali didirikan di Antiokhia oleh Rasul Petrus, pemimpin para rasul, yang dianggap sebagai Patriarkh pertama dari Tahta Suci Rasuliah Antiokhia. Rasul Petrus sendiri menunjuk Mar Awwad (St. Avodius) dan Mar Ignatius Sang Pencerah sebagai para pengganti beliau. Mereka kemudian menggantikan tugas rasulinya setelah Rasul Petrus mati shahid di kota Roma. Kemudian, kota Antiokhia tidak saja menjadi Gereja Kristen yang pertama, tertua dan paling terkenal, tetapi juga menjadi dasar dari Kekristenan. Di kota Antiokhia-lah saat itu para rasul Yesus Kristus disebut sebagai orang-orang Kristen.

Doktrin Gereja Syria

Asas keimanan Gereja Orthodox Syria dapat diringkas sebagai berikut:
Gereja ini percaya sepenuhnya akan Satu pribadi ganda Tuhan Yesus, dan satu sifat ganda yang terdiri dari dua sifat: yaitu ilahi dan insani, yang tidak dapat bercampur, tak dapat dipisahkan dan tak berganti-ganti. Dengan kata lain, dua sifat (ilahi dan insani) tergabung dalam satu sifat yang tanpa bercampur, tak terlebur dan tak berubah-ubah, tak berganti dan tak rancu. Batasan ini berlaku bagi semua sifat keilahian dan kemanusiaanNya. Berdasarkan definisi ini, keilahianNya menyatu dengan kemanusiaanNya, atau dengan tubuhNya, ketika Almasih disalibkan, dan tidak pernah keilahianNya meninggalkan tubuhNya, bahkan untuk sedetik pun. Karena itu, salah besar dan sangat menyimpang dari iman Kristen yang universal bila orang mengatakan, “Kristus itu disalibkan tubuhNya saja.” Tetapi sebaiknya dikatakan, “Firman Allah yang telah menjelma itu adalah Tuhan Yang Mahamulia yang telah disalibkan,” namun, kami mengatakan, “Ia telah menderita dan wafat dalam daging (dalam keadaannya sebagai manusia),” sebab keilahianNya tidak pernah tersentuh penderitaan dan kematiaan. Sebagai konsekuensinya, Maria adalah “Ibu dari Dia (Firman Allah yang telah menjelma) Yang Ilahi,” dan ungkapan “Engkau yang telah disalibkan bagi kami” adalah benar sebagaimana diucapkan dan diyakini dalam Trisagion, yang dialami oleh sifat kedua dariNya, yaitu Kristus.
Asas iman inilah yang dipegang teguh oleh Gereja Syria Antiokhia dan Gereja Koptik Aleksandria yang telah menolak Konsili Kalsedonia dan dokumen Leo dari Roma (Buku besar yang disebut Surat Paus Leo), karena kami hanya mengakui dasar-dasar iman yang ditetapkan tiga konsili ekumenikal di Nikea tahun 325 Masehi, Konsili Konstantinopel tahun 381 Masehi dan Konsili Efesus 431 Masehi. Dari sini, nama “Orthodox” yang kami kenakan berarti “Iman Yang Benar” yang dikenal oleh ummat Syrian, Koptik, Armenia dan Ethiopia. Gereja-gereja itulah yang disebut sebagai “sister Churches” (Gereja-gereja saudari mereka). Mereka bersama-sama telah mengalami berbagai penderitaan dan penganiayaan-penganiayaan yang kejam yang ditujukan kepada mereka oleh Kaisar Byzantium panganut Konsili Kalsedon tersebut.

Anonim mengatakan...

Liturgi Bahasa Arami

Tidak bisa disanggah lagi bahwa bahasa yang diucapkan Yesus dan banyak generasi sebelum Masehi dan oleh Kekristenan mula-mula, dan sampai abad ke-5 Masehi adalah bahasa Arami (Syriac). Selain itu, orang-orang Yahudi telah menulis beberapa bagian kitab suci mereka dalam bahasa Arami atau dalam aksara Arami, sebagaimana dibuktikan oleh gulungan-gulungan kitab dari Laut Mati yang ditemukan pada tahun 1974 oleh Yang Mulia Mar Athanasius Yashu Samuel, yang saat itu menjadi Uskup di Yerusalem (sekarang sebagai Uskup untuk Amerika Serikat dan Canada). Maka terbukti bahwa para murid Yesus dan para penerus mereka menggunakan bahasa Syria (Arami). Maka, hanya dapat dipahami bahwa ibadah liturgis mereka dilakukan dalam bahasa Syria (Arami). Sebab para penginjil yang memberitakan Injil di Anthiokhia yang berasal dari Yerusalem itu beribadah dalam bahasa Syria (Arami), maka sudah tentu bahasa Syria (Arami) itu menjadi bahasa Liturgi gereja Anthiokhia, dan gereja ini memakai liturgi dalam bahasa Syria (Arami) yang disusun oleh Rasul Yakobus, saudara Tuhan Yesus sekaligus sebagai uskup pertama di Yerusalem. Semua orang tahu bahwa gereja di Yeruselam menggunakan Liturgi Rasul Yakobus sampai berakhirnya ketujuh-belas uskup Syria yang pertama. Namun, ketika para duta dari Konstantinopel mulai merebut kepemimpinan gereja di Antiokhia, mereka menggantikan Liturgi Rasul Yakobus dengan Liturgi Basilius dari Kaisarea (379 Masehi) dan Liturgi John Chrysostom (407 Masehi), yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Arami. Tetapi, Liturgi Rasul Yakobus sendiri tetap ada di gereja Antiokhia. Itu sebabnya maka Liturgi Syria (Arami) disebut sebagai Liturgi Antiokhia. Dari Liturgi ini maka dapat dilacak kembali asal-muasal semua liturgi gereja. Karena itu, Gereja Antiokhia sangat bangga bahwa Liturgi mereka menggunakan bahasa Syria (Arami), yaitu bahasa yang telah dikuduskan oleh lidah suci Tuhan kita, dan yang dihormati oleh lidah Maria, IbuNya dan oleh para rasulNya yang kudus. Dalam bahasa inilah Rasul Matius menuliskan Injil, dan dalam bahasa inilah Injil diwartakan pertama kali di Yudea, Syria dan daerah-daerah sekitarnya.

Anonim mengatakan...

Gereja Syria dan Bangsa Arab
Hubungan antara orang-orang Syria dan orang-orang Arab dimulai dengan penaklukan daratan Syria oleh bangsa Arab Muslim. Hubungan itu bertumbuh makin kuat di jaman Khalifah Umar bin Khaththab yang disebut “Faruqo”. Faruqo adalah bahasa Syria yang berarti “Juru Selamat” atau “Sang Pembebas”. Orang-orang gereja Syria memberi nama kepada Khalifah ini karena ia telah menyelamatkan mereka dari tekanan Byzantium. Penaklukan bangsa Arab atas daratan Syria tidak akan dapat terwujud tanpa bantuan orang-orang Syria pribumi. Hubungan antara orang-orang Syria dan bangsa Arab mencapai puncaknya di jaman Dinasti Abbasiyah. Hubungan itu dijalin atas dasar etnisitas. Bangsa Syria dan Arab adalah dua bangsa Semitis. Mereka memiliki asal muasal yang sama di masa lalu. Bahasa mereka, bahasa Syria (Arami) dan Arab, adalah bahasa satu ibu. Mustafa Shahabi, seorang sarjana Arab mengatakan, “Bangsa Syria memiliki hubungan yang baik dengan bangsa Arab dalam lintasan sejarah mereka.”
Hubungan-hubungan itu pasang surut juga, kadang-kadang kuat dan kadang-kadang agak renggang, tergantung pada siapa penguasanya, dan karena kurang saling mengenal, namun keduanya tidak pernah bertikai. Di antara warga gereja Syria itu sejak jaman paling dini, ada sarjana-sarjana besar yang fasih berbahasa Arab, yang menulis buku-buku dalam bahasa ini, dan menterjemahkan karya-karya agung. Demikian juga, ada orang-orang Arab yang menjadi Kristen dan mengikuti iman gereja Syria, khususnya sebelum munculnya agama Islam di Timur Tengah. Saking dekatnya hubungan dengan mereka itu sehingga mereka merasakan bagian dari bangsa Syria itu. Bahasa Arab di jaman kita sekarang membutuhkan orang-orang yang menguasai bahasa Arab dan Syria (Arami), sehingga mereka dapat merasakan jejak-jejak pengaruh bahasa warga gereja Syria itu atas bahasa Arab, dan menyadari jasa-jasa tak ternilai kepada bahasa Arab ini yang diberikan oleh bahasa warga gereja Syria di masa-masa kejayaan Islam yang lalu.

Bahasa Arab sangat banyak meminjam kosa kata bahasa Syria (Arami) karena itu bahasa ini penuh dengan kata-kata dari bahasa Syria. Bangsa Arab juga meminjam angka-angka yang dipakai bangsa India. Kaligrafi Arab, khususnya khot Kufi yang dipakai dalam kaligrafi Islam memang berasal dari huruf Kufi yang biasa dipakai orang-orang Kristen Syria. Tata bahasa Arab juga banyak dipengaruhi oleh tata bahasa Syria. Aba Al Aswad Ad-Du’ali (688 Masehi), yang dianggap sebagai penemu tatabahasa Arab, pergi ke Kufa, dan di sana ia mempelajari bahasa Syria klasik, dan ia mengadakan kontak dengan para sarjana bahasa Syria meminta bantuan mereka agar bisa menciptakan tatabahasa Arab. Ia sangat bergantung pada tatabahasa dan para ahli tatabahasa Syria dengan mengikuti tata pengorganisasian, klasifikasi, aturan-aturan yang sama seperti dipakai untuk tatabahasa Syria. Lebih penting lagi, ia meminjam sistem pemberian titik untuk membedakan kata-kata dan huruf-huruf pendek yang telah ditemukan sebelumnya oleh sarjana bahasa Syria Mar Ya’qub dari Urhoy. Dalam bidang intelektual, beberapa filsuf Arab, seperti Ibnu Sina, mempelajari kebijaksanaan dan mendapatkan pengetahuan dari filsafat Yunani melalui sumber-sumber dalam bahasa Syria. Al-Kindy dalam salah satu kitab yang ditulisnya mengatakan, “Mereka (orang-orang Kristen Syria) menjadi jalan bagi kami dan memberi sarana untuk mendapatkan banyak sekali pengetahuan. Tanpa peranan mereka, karya-karya asli para perintis ilmu pengetahuan itu tidak akan sampai kepada kita (bangsa Arab).” Sarjana Arab yang lain menulis, “Dapat kita katakan bahwa orang-orang Kristen Syria-lah yang pertama kali mengajarkan filosofi kepada ummat Islam. Yang kedua, merekalah yang menterjemahkan kepada kita buku-buku filsafat; dan karena itu, ummat Islam sangat dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran filsafat orang-orang Kristen Syria.”

Sumber:
Presbiter/Pastor/Fr. Dr. Joseph Tarzi Pastor of St. Ephrem's Cathedral Burbank, California

Anonim mengatakan...

Shaloom Aleikhem.

Bangsa Indonesia tidak banyak tahu tentang Gereja Timur ini karena penginjilan yang masuk ke indonesia adalah dari Gereja Barat; Katholik Roma dan Protestan.

Tapi saat ini sudah masuk ke Negeri ini, Gereja Ortodoks Yunani, Ortodoks Rusia, dan Gereja Syiria ini yang semuanya adalah Gereja Timur dengan tata cara ibadah yang berbeda dengan Gereja Barat, tapi tetap dalam iman yang sama terhadap Baginda Yeshua Ha Massiah sebagai Rabb/Tuhan/Lord dan Kalimatullah yang sudah menjelma sebagai manusia.

We shaloom.

Anonim mengatakan...

Ini situs yang menjelaskan tentang Mereka.

http://terangdaritimur.blogspot.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Ortodoks_Indonesia

We shaloom

Anonim mengatakan...

mantap!dari sini salah satu langkah pewartaan injil di seluruh dunia berasa.dari sini juga jejak santo Petrus melangkah.Bukti kekayaan kasanah budaya Katolik yg berbeda tetapi tetap seiman.ada latin di Roma,ada bisantium di Turkk ada koptik di mesir,yerusalem antiokia,malabar etiopia.
Sapa bilang KOS itu sekte pecahan.Selamat sukses di Indonesia Bro!!!!!

Anonim mengatakan...

Ini postingan hoax apa beneran sich? Secara media sekarangkan di pegang yahudi anti agama untuk memerangi islam :(

ari yadi mengatakan...

ANTUM PADA BRISIK AJE,
GA USAH DIPIKIRIN ITU AGAMA KAS, KIS, KOS,
YG PENTING KITE DIDIK GENERASI MUDA KITE,
PERKUAT AQIDAH ISLAMGENERASI MUDA KITE,
BIAR GA KE BAWA ARUS,
PAN UD ADA AYATNYE.
BAGI MU AGAMA MU, BAGIKU AGAMA KU, (LU, LU GW,GW.)

Ismudianto Trah Culak Angkase mengatakan...

Intinya antara semua pemeluk agama tidak saling merugikan. Mari kita saling menghargai, hidup damai tanpa saling mengganggu. Jangan saling menjelekkan satu dengan yang lainnya. Kuatkan persaudaraan.

Harro Salim mengatakan...

Kita jangan terpengaruh dengan sentilan-sentilan fanatik yang suka membakar-bakar suasana antar anggota bangsa kita. Saya sendiri beragama Islam, anggota Tarekat, TIDAK merasa terusik dengan agama Keristen Orthodoks. Kenapa memang ? Apakah mereka di Timur Tengah harus berbahasa Indonesia, dan bukan bahasa Arab ??? Apakah injil mereka harus ditulis dengan tulisan Latin ? Di Indonesia saja, ketika Islam mulai datang dan berkembang, para penyebar memanfaatkan PEWAYANGAN untuk menyebarkan agama kita, dan terdengarlah (hingga sekarang) aji-aji KALIMUSODO, yang sebenarnya tidak lain dimaksudkah Kalimat Syahadat. Mohammad Rasulullah S.A.W. bukan datang untuk merubah agama, namun untuk memperbaiki yang jalannya keliru. Kita, sebagai orang Islam, seharusnya bangga dan berbesar hati bahwa kita merupakan pengikut agama yang MELENGKAPI seluruhnya. Lihat bagaimana Kontingen Garuda kemarin di perbatasan Libanon Israel ikut merayakan Natal, lihat Uskup yang berpakaian hitam, dan silahkan tanya, apakah beliau berbahasa Indonesia, atau berbahasa Arab. Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, berjiwalah besar, jaga kesatuan bangsa. Amin YRA [Harro Salim, Ir., MEngSc., MIEAust., SH - harrosalim@gmail.com]

harry admiyral mengatakan...

Ada yang mengatakan kalau itu adalah islam kuno, kalau menurut opini saya itu juga bukan kristen kuno,

kristen yang sebenarnya hanya bertuhan kepada allah, memang benar kitabnya injil tapi Allah tidak ada beranak, Isa AS mengajarkan hanya satu tuhan bukan tiga tuhan seperti kristen pada umumnya

Anonim mengatakan...

harry admiyral ... kristen sejak awal memahami Yasu'a al-Masih (ini istilah KOS utk Yesus Kristus) sebagai Kalimatullah yg tajassud (nuzul ke dunia) ... Firman Allah yg turun ke dunia mewujud dalam kemanusiaan Yesus. Ibarat Kalam Allah yg nuzul menjadi kitab suci al- Qur'an.
istilah Anak Allah dari zaman nabi2 Yahudi tidak berarti sebagai anak secara biologis dr Allah.
Tritunggal itu konsep kristen utk menunjukkan kedekatan Allah dengan manusia ... ini bisa dibandingkan dengan Shifatullah dalam konsep Islam

anggraini syifa mengatakan...

Ntar lo. Kalo nabi ISA udh turun k,bumi lu lu pada baru tau ajaran yg sbener.ny. yg bilang yesus it nabi isa siapa. Kq bisa ya umat kristen ingin menjadikan. Nabi isa it sbagai tuhan. Ap karna alasan.ny nabi isa terlahir tanpa bapak. Toh sekarang banyak kok anak2 yg lahir tanpa bapak.(yatim). Pada gak adil. Knapa skalian aja gak d.jadiin tuhan. Tz apa karna nabi isa bisa membangkitkan orang yg sudah meninggal, it belum hebat, karna masih ada nabi yg lebih hebat, bisa menghidupkan orang yg sudah meninggal bahkan dia sndiri sudah jadi tulang.(nabi ilyasa). Coba ente2 buka injil,taurat atau dzabur. Ap ada yg membahas tentang hari kiamat. Masa tuhan. Lu kgk tau kpan hari pengakhiran.. dn juga masa tuhan d.do'a.i. kpada siapa kalian berdoa.??? Islam it agama yg d.sempurnakan. tuhan it memang tidak berwujud, tidak bermuka. Tapi bisa d.rasakan. seperti kalian menampar diri sendiri. Pasti sakit. Apa sakit it bisa d.lihat. tidak! Tapi bisa dirasakan. Tidak mungkin orde lama mengkoreksi orde baru, yg ad orde baru mengkoreksi dn memperbaiki orde lama. Bahkan d.al_qur'an ad ayat yg menjelaskan bahwa terdapat sungai di dasar laut, yg baru d.temukan, hebat bukan.!!. Dn knapa kaum yahudi cuma memerangi agama islam, karna mereka tau bahwasan.ny islam.lah agama yg terkuat hingga akhir zaman, Jadi tidak ad alasan untuk umat non muslim menjatuhkan islam. Salam islam sedunia. Saya berani mati kalo soal agama islam. Allahuakbar.

Anonim mengatakan...

Kata2 yg tidak d sangka akan menjadi seperti ianya bener...jika d sangkal enggak mau denger...jd ak hanya membaca dan ketawa,xperlu pusing mau d fikir yg lain???hanya tanya...kristien ujud bila???bukn pada zaman nabi isa...selepas nabi isa wafat pun kristian belum ujud...
Jika tuhan boleh mati?siapa kok yg mentakbir dunia??
Jika tuhan perlu 3 (bapak,anak dan roh kudus)...sama aja dengan air kopi...air panas,gula dan kopi...d banchu jd air kopi kn gan??
Tp allah itu esa..tiada yg sama seantaranya...tidak duduk tidak berdiri,tidak tidur dan tidak terjaga..tidak makan dan tidak minum..tidak dilahirkan dan tidak mati..
Tidak ada satu satu yg menyerupai allah kerana allah adalah pencipta sekelian makluk dan sipat allah itu hanya allah yg tahu...
Jika d kata isa(jesus itu kristian)mana bukti yg dia pernah mengatakan ak tuhan dan sembah la ak??tiada walau dimana kitab yg kamu cari..itu semua hanya agama buatan yg terlalu banyak percanggahan...dan jika tuhan kamu d salib...baikkamu sembah orang yg menyalib na...kerana menewaskan tuhan kamu???

Anonim mengatakan...

Seperti pemandu bas jika ada 3 orang bagai mana dong mau memandu?gerak kn saja gak bisa kn...
Ramai melihat islam ganas berperang sesama sendiri...usah pusing jika tiada syiah (islam sesat) kos dan kristen...apakah islam berperang??
Jgn lihat pada pandangan kamu saja...kaji dan selami sejarah2 yg belum kamu sendiri belajar...dalami agama mu dulu...cari d mana tuhan mu???apakah bener landasan agama mu???
Kemudian fikirkan jika tuhan sama seperti kamu apakah ia tugan??ada gambar nya...ada janggutnya...ada tangannya...makan seperti kamu???apakah layak dia d jadikan tuhan?

Anonim mengatakan...

Bener...agama allah akan di tentang oleh iblis2 hingga turun nya nabi isa....inshallah allah melindungi umat islam seluruhnya...amin

Anonim mengatakan...

WALLAHU YA'LAMUUN WA ANTUM LAATA'LAMUUN..

QUL HUWALLAHU AHAD
ALLAHUSSHOMAD
LAM YALID WA LAM YUULAD
WA LAM YAKULLAHUU KUFUAN AHAD

ferdi nando mengatakan...

Yg namanya orang beriman itu tidak pernah emosi,sebab iman itu tidak dikatakan oleh mulut sendiri , tapi dilakukan dengan ketulusan hati dengan dasar kasih ,itulah iman ,mencintai musuh ,memberi makan orang miskin tanpa pamrih,mau menerima perbedaan , saling membantu tanpa pamrih,menghargai sesama,menjauhkan perbuatan maksiat,tidak membunuh,tdak iri ,tidak menyakiti wanita,tdk minta pertolongan pada setan iblis dan jim ,tidak tidak memelihara keris dan barang2 bertuah lainmnya dan jimat2 lain. HANYA yakin kepada satu allah ,baca yoh 14.14. maka yesus akan melaksankan-Nya asal yakin dan percaya,dan itu terbukti . amin.

ferdi nando mengatakan...

Allah tdk butuh pembelaan oleh manusia,allah maha perkasa dan dasyat ,allah tidak butuh agama yg sempurna,tetapi butuh kebenaran iman yg dilakukan oleh manusia dalam kebenaran tanpa pandang bulu agama apapun,jika kita berdebat soal kebenaran kesempurnaan percumah buktikan dulu kebenaran lewat ayat2 yg kita yakini,dan kami membuktikan bahwa ayat2 yg sy yakini bisa meyembuhkan orang2 yg sedang kesusahan,kena kanker ganas ,kesurupan,kena santet,kanker darah,mium,dan banyak lagi kesaksian yg lain,dihadapan allah kita tidak perlu ngotot soal agama ,akulah agama yg benar akulah yg paling sempurna tidak perlu !!! Jika kita perlu allah kita bisa lewat YESUS saja,karena semua kepentingan manusia dibumi sudah dikuasakan kepada YESUS oleh allah ,yohanes 14.12-13.

ferdi nando mengatakan...

Halo... saudara2ku yang terkasih marilah kita lupakan soal perbedaan ,perdebatan dan penghinaan soal agama marilah kita merenung dalam kasih , kita sebagai umat allah perlu dekat dengan-Nya,apa bila kita sdh dekat lakukanlah pelayanan kepada mereka yg membutuhkan dengan tulus dan iklas sesuai pada zaman sekang karena kita hidup saling menujang,barulah kita bisa katakan bahwa kita sdh dekat dengan allah, allah tdak butuh agama tetapi butuh iman semua manusia yg hidup dimuka bumi ini,karena ada iman maka keluarlah firman allah,firman itulah yg bs untuk menolong manusia yg sedang sakit atau yg menderita penyakit, dan itulah yg kami gunakan untuk menolong orang yg sedang menderita sakit yg sdh tdk bs disembuhkan dokter dsb. marilah kita ber-lomba2 untuk menolong orang yg menderita supaya allah lebih tau mana yg benar dan mana yg salah,dan jangan hanya berdebat soal yg benar dan sempurna,ucapkan ayat2 anda utuk kepentingan yg lemah supaya allah dekat dengan kita, salam.... .

Qheri Q mengatakan...

O yo djancoex !!!
Umat yg lemah kalian !!!

Anonim mengatakan...

Tolong FPI beri pelajaran ini2 orang.

Anonim mengatakan...

lancuik..............

Anak Usman mengatakan...

aku.., semoga tuhan tetap izinkan aku untuk tetap berpegang dan hidup dalam tatanan Islam sebagaimana Kanjeng Rasul..nabi besar akhir zaman..Sayyidina Muhammad s.a.w..utusan (rasul ALLAH s.w.t)sampaikn..dan contohkan..dan diwariskan kepada umat terdahulu dan kini berjalan..sebagai Tatanan Hidup di dunia menuju kematian pada akhirat..yang merupakan Agama Penyempurna dari agama-agama terdahulu sebelumnya..yang menyatakan Tiada Tuhan selain ALLAH..yang Maha Tunggal.,yang tetap tunggal dari seluruh perjalanan kehidupan makhluk manusia..dahulu..kemarin..kini..dan Nabi yang ku ikuti..Nabi Muhammad s.a.w..sebab aku hidup dimasa akhir zaman kekinian.
..anda ingin yang lainnya..?
..silahkan..
..aku tetap mengikuti nabi ku Sayyidina Muhammad s.a.w beserta para sahabatnya..beserta para ahli waris "iman islam"... aamiiin..

Anonim mengatakan...

Walaupun jika ditinjau dr tauhid dan keyakinan, kita dpt mengetahui kalau KOS bukanlah ajaran Islam tp ajaran ini sangat HARUS KITA WASPADAI karena tampak luarnya dia mirip dg seorang Islam yg memakai peci baju kokp, berjilbab serta puasa dan shalat dan juga nasyid berbahasa Arab tetapi mengandung lafazh kesyirikan dan mengangungkan yesus yang mereka anggap sebagai tuhan.

1. Mana duluan ada di dunia agama Kristen Atau Musli.
2. Kalau ada yang mirip, siapa yang mencontoh siapa yang di contoh.
3. Perlu di waspadai, emangnya Jemaat agama Islam mau di ajak KOS, Kelihatan bangat kebencian dan ketakutan kepada agama yang baru. Dimanan IMAN terhadap agamamu sobat.

Anonim mengatakan...

Iya aq jg sependapat, mnrtku islam plg mendakit tauhid krn keasliannya ya KOS ini

Anonim mengatakan...

Duluan bkn berarti pihak yg bnr, soal "Waspada" wajar aj kalee!Kristen kan dah terkenal dgn misinya mengkristenisasi umat agama lain secara terang2an dan penyusupan.So bkn krn takut, cm ngingetin aja.

Anonim mengatakan...

Sebenarnya itu menunjukkan kebenaran islam bahwa islam bukanlah agama baru tetapi melanjutkan ajaran terdahulu seperti sholat, puasa dan zakat karena sumbernya satu dan sama yaitu Allah melalui para rasulnya, nabi isa diutus untuk menggenapkan hukum taurat dan menghalalkan sebagian yg diharamkan sebelumnya jadi bukan membawa ajaran baru nabi Isa sholat sebagaimana nabi Musa sholat demekian juga puasa dan zakat akan tetapi sangat sedikit diantara mereka yg mengikuti ajaran rasul yg diutus utk bani israel, paulus sang rasul palsu menyebarkan ajaran nabi Isa tidak sebagaimana mestinya karena dia tidak pernah berhubungan langsung dengan nabi Isa, jadi dia tidak pernah melihat nabi Isa sholat, puasa dan sebagainya namun ada beberapa pengikut nabi Isa atau murid langsung nabi Isa yg tetap mempertahankan ajaran nabi Isa yaitu kewajiban untuk mengerjakan sholat, puasa dan zakat dan perlu diketahui juga bahwa nabi Isa diutus hanya utk bani israel jadi sebenarnya diluar bani Israel tidak diwajibkan untuk dilakukan dakwa. Apa yg dilakukan oleh umat KOS sekarang adalah mengikuti ajaran nabi Isa, yg bagaimana pengikut nabi Isa itu? pertama pengikut nabi isa itu adalah hanya sebatas pada bani Israel saja kemudian pengikut nabi Isa itu orang Israel yg berbuat bertindak dan bersikap sebagaimana yg diajarkan oleh Isa rasulullah. Pengikut nabi Isa disebut dengan kaum nasrani mereka sholat puasa dan zakat sama dengan yg dilakukan oleh nabi Musa sedangkan Kristen adalah pengikut rasul palsu paulus yg tidak pernah melakukan sholat zakat dan puasa serta telah berani menyebarkan ajaran taurat dan injil yg telah dipalsukan keluar dari kaum bani israel. Adapun nabi Muhammad diutus utk seluruh umat manusia dan tetap mengajarkan umatnya utk menjalani kewAjiban sebagaimana yg telah diajarkan oleh nabi terdahulu yaitu sholat zakat dan puasa. Dan perlu diketahui juga guru sholat para nabi itu satu yaitu jibril karena para malaikatpun sholat sebagaimana manusia sholat jadi gerakan sholat itu sama yg membedakan bacaan doa2nya saja yg mengikuti kitab yg dipegang oleh masing2 nabi. Jika KOS sholat jg dikatakan meniru umat islam karena sholat adalah ajaran terun temurun dari para nabi yg tuhannya satu yaitu Allah. Namun jika ada penyimpangan itulah yg perlu diluruskan dan islam datang untuk meluruskan dan menyempurnakan ajaran nabi2 terdahulu yg telah melenceng jauh dari apa yg diperintahkan oleh Allah dan terkutuklah Paus rasul palsu yg tidak melakukan sholat zakat dan puasa.

Anonim mengatakan...

mungkin ini yang dinamakan serigala berbulu domba.
semoga Allah swt menyadarkan mereka semua dan kembali ke jalan benar

Anonim mengatakan...

Jangankan sejarah, kitab sucinya aja ada yg dibelokkin jadi baru, klo main logika gereja tu bkn di vatikan dong pusatnya...mesti direlokasi ke syria. Jgn jadi umat yg melupakan sejarah doang aahh... Kembalilah ke jalan yg diridhoi Allah SWT, jgn buat diri kalian selalu tersesat di "simpang tiga" tadi, karena di Quran sampe soal kiamat pun jelas....yg di kitab2 sebelumnya msh abu2. Update dari sang Khalik, bkn dibelokkin sono sini jadi 2 versi lama apa baru...

Anonim mengatakan...

Buat muslim : segala macam bentuk pengkristenan,percobaan penyamaran utk kristenisasi,apapun bentuknya utk mengelabui bahkan sampai me_murtadkan umat islam ,WAJIB diwaspadai,,wajib utk saling mengingatkan.kita tau,bahwa islam menyebarkan agama,tidak dengan cara" licik,kita hanya menyampaikan kebenaran,,mau percaya atau tdk itu hak setiap manusia..berbeda dgan mereka,,segala cara dilakukan utk mengkristenisasi kita..waspada ,tingkatkan iman,saling memperingatkan..buat nasrani : apapun cara kalian,,kami umat muslim tidak akan seperti kalian melakukan praktek" curang,mengelabui,kami hanya akan menyampaikan kebenaran.bandingkanlah isi alkitabmu dan al quran kami,,carilah kebenaran,bukan pembenaran..

Anonim mengatakan...

Kami menyebarkan ajaran agama islam dengan berdakwah,tdk ada cara" curang,,tdk perlu cara sperti itu..bahkan dari hal" yg tdk terduga,,seperti pemeran mr.bean,rowan masuk islam bahkan setelah menonton film buatan AS yang meledek dan memfitnah nabi Muhammad SAW innocent of moslem,ada link. Buat kalian semua : http://www.islampos.com/rowan-mr-bean-atkinson-putuskan-masuk-islam-80934/

Bejodong tenan mengatakan...

Matamu picek yo...ndasmu isine tai.

Anonim mengatakan...

Nampak sangat engko ni pengikut kos.

miftakhul islamiyah mengatakan...

Apapun agama yang dianut, harusnya tetap menjunjung tinggi cinta damai, asalkan agama tsb tidak merugikan orang lain dan negara.. BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU...

Paul Hadiwijaya mengatakan...

Kalian bodok semua....harusnya kita bangsa indonesia membesarkan agama kita sendiri yaitu kejawen...agama asli indonesia....bukan mengikuti agama" dari luar sana....itu namanya kita belum merdeka...msh dijajah lewat agama.salam kejawen

Anonim mengatakan...

pendeta2 kristen yg benar2 beriman kpd nabi Isa As pada jaman dulu akan beriman kpd nabi Muhammad Saw ketika nabi Muhammmad Saw telah datang dan mereka harus mengikuti cara nabi Muhammad Saw beribadah, klo tidak begitu brarti pendeta tersebut telah keluar dari ajaran nabi Isa As, karena dalam ajaran nabi Isa As juga disebutkan akan kedatangan nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir, jadi seandainya itu ajaran kristen yg asli maka sudah pasti pengikut Kos itu sesat krn tidak mematuhi ajaran nabi Isa As untuk mengikuti nabi Muhammad Saw

Anonim mengatakan...

Yakin Rowan masuk islam.. Hoax tuh. http://muslimdaily.net/berita/internasional/berita-masuk-islamnya-rowan-atkinson-mr-bean-ternyata-hoax.html

http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2013/10/05/6684/berita-rowan-mr-bean-atkinson-masuk-islam-tidak-benar.html#.U-ZEl6NOgRo