Selasa, 23 November 2010

2 gelas jus tomat sehari cegah tulang keropos


Dua gelas jus tomat sehari dapat memperkuat tulang Anda dan mencegah terjadinya osteoporosis. Demikian temuan para ilmuwan menyebutkan.

Kandungan pokok tomat yang disebut likopen yang juga merupakan antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko kanker prostat pada pria dan penyakit jantung inilah yang menjadi kunci jawabannya.

Para ilmuwan di Universitas Toronto, Kanada telah meminta 60 wanita yang sudah mengalami menopause (post-menopause) usia antara 50-60 untuk menghindari segala jenis makanan dari tomat dalam sebulan.

Rupanya upaya ini menyebabkan terjadi peningkatan kadar level N-telopeptida dalam darah, senyawa kimia yang dilepas dalam aliran darah saat tulang mulai merapuh.

Lalu, selama empat bulan, para wanita diberi jus tomat yang mengandung 15 mgr likopen, versi yang diperkaya dengan 35 mgr likopen, kapsul-kapsul likopen atau kapsul dami.

Hasilnya, kadar N-telopeptida merosot pada para wanita yang mengonsumsi baik yang mengonsumsi jus maupun kapsul. Namun, tidak tampak manfaatnya pada kapsul dami.

Standar jus yang biasa dijual di supermarket adalah jus yang diperkaya dengan likopen.

Dua gelas sehari jus tomat dengan likopen 15 mgr dapat memperkuat kepadatan tulang, kata Jurnal Osteoporosis Internasional. (abd/dailymail)


sumber : http://sehatnews.com/berita/5375.html

Tidak ada komentar: