Rabu, 03 November 2010

Seorang Pria di China Memperluas Rumah Dengan Menggalinya


Seorang pria di China membutuhkan waktu empat tahun untuk menggali ruang bawah tanah

Memperluas rumah tapi tidak cukup biaya? Seorang pria di China punya ide cemerlang bahwa memperluas rumah tidak perlu bahan bangunan yang banyak dan membayar tukang. Caranya, tidak perlu makan lahan baru atau menambah tingkat ke atas, tapi gali saja ke bawah.
Itulah kreasi Chen Xinnian, warga kota Zhengzhou di Provinsi Henan. Berbekal keahlian sebagai bekas pekerja tambang, pria berusia 64 tahun itu mampu membuat ruang bawah tanah seluas 50 meter persegi.Menurut laman harian The Global Times, ruang bawah tanah sedalam enam meter itu cukup untuk menjadi ruang tidur bagi dia, istri dan anak-anaknya. Chen terpaksa menggali lantaran dia tidak punya cukup uang untuk memperluas rumah bagi kebutuhan keluarga.
"Biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah rata-rata sebesar 5.000 yuan [sekitar Rp6,6 juta] per meter persegi. Kami tidak ada biaya," kata Chen, yang bersama keluarganya tinggal di suatu rumah mungil di kawasan kumuh Kota Zhengzhou.

Menurut harian China Youth Daily, Kamis 2 September 2010, penggalian ruang bawah tanah itu membutuhkan waktu empat tahun. Setiap hari, Chen menggali selama lima jam.

Dia yakin, ruang bawah tanah yang dia bangun itu bisa tahan gempa bumi hingga berkekuatan 8 SR dan tetap nyaman dihuni baik di musim panas dan dingin.

Tidak ada komentar: