Jumat, 12 November 2010

Salah Satu Tokoh Yg Paling di Hormati di PALESTINE

George Habash (lahir 1926) adalah pendiri Nasionalis Arab 'Gerakan pada tahun 1952 dan dari Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) pada tahun 1967.

George Habash dilahirkan di Lydda (sekarang Lod) pada tahun 1926 dari keluarga pedagang Palestina Kristen. Ketika pertempuran Arab-Yahudi di Palestina meletus pada tahun 1948, dia adalah seorang mahasiswa kedokteran di American University of Beirut di Libanon. Ia kembali ke rumah untuk Lydda untuk mencoba membantu masyarakat, tapi secara paksa diusir dari Lydda oleh pasukan Yahudi maju.

Seperti orang lain di Palestina dan negara-negara Arab, Habash adalah sakit hati oleh mengalahkan Arab 'pada tahun 1948 dan mencari cara untuk menebus kehormatan Arab. Pada tahun 1950, kembali di kelas-nya di Beirut, ia bergabung dengan siswa lain dari berbagai negara-negara Arab yang berbeda untuk membentuk Nasionalis Arab 'Gerakan (ANM). Para ANM diberitakan bahwa hanya tindakan terpadu dari semua orang Arab bisa membebaskan dunia Arab, termasuk Palestina. Karena dunia Arab menjadi negara terpisah.

Selama tahun 1950 telah mengkritik Habash Yasser % gerakan ini menolak fundamentalisme Islam kemudian tersebar luas di dunia Arab, itu banyak menarik dukungan dari minoritas Arab yang Kristen. Hal ini juga menolak ideologi sosial memecah belah seperti sosialisme dan komunisme, serta pemecahan dari28atau Yasir) Fateh Arafat (juga diterjemahkan sebagai Fatah) organisasi dan Palestina lainnya yang bersalah dari apa ANM yang dianggap sebagai "separatisme Palestina" dari penyebab pan-Arab. Ini tidak sampai 1964 bahwa ANM mulai melakukan kerja politik sistematis dalam masyarakat Palestina.

Banyak ide-ide dan tujuan ANM dibagikan oleh Gamal Abdel-Nasser, yang berkuasa di Mesir pada tahun 1952. Dari 1954 sampai 1967, ANM bekerja sama dengan Nasser, mengejar tujuan bersama mereka di seluruh dunia Arab. Pada tahun 1967, bagaimanapun, Nasser dipermalukan oleh kekalahan negaranya dalam Perang Enam Hari dengan Israel, sehingga Habash dan rekan-rekannya mulai memikirkan kembali aliansi mereka dengan dia.

Kejutan dari kekalahan 1967 disebabkan pemimpin ANM untuk memikirkan kembali beberapa ide-ide mereka yang lain juga. Pada Desember 1967 ANM memutuskan untuk mendirikan organisasi Palestina sendiri, yang disebut Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP). Habash menjadi sekretaris umum.

The PFLP selalu lebih kecil dari Fateh. Pada awalnya pemimpin PFLP dianggap sebagai satu-satunya cara mereka bisa bersaing dengan Fateh atas perhatian populer adalah untuk tahap operasi teroris besar-besaran terhadap sasaran Israel dan pro-Israel. Yang paling spektakuler ini adalah pembajakan empat pesawat Barat untuk sebuah lapangan terbang gurun di Yordania pada bulan September 1970. Tindakan ini memberi pemerintah Yordania kesempatan untuk menindak para gerilyawan Palestina yang kemudian pindah ke Suriah.

Tak lama setelah itu PFLP dicari penyertaan dalam Organisasi Pembebasan Palestina yang didominasi Fateh (PLO). Pada beberapa tahap pada awal tahun 1970 kepemimpinan resmi Habash's PFLP Disavowed operasi teroris yang masih sedang dilakukan oleh kaum ekstrimis PFLP. Tapi PFLP mempertahankan garis keras sikap politik. Pada tahun 1974 itu dengan keras menentang arus utama PLO pergeseran menuju menyerukan pembentukan negara Palestina hanya dalam bagian dari Palestina bersejarah dan membentuk aliansi baru oposisi PLO disebut "Penolakan Front."

Pada tahun 1978 Penolakan Front dibubarkan, sebagai nasionalis Palestina bersatu barisan mereka bertentangan dengan proses perdamaian Mesir-Israel. Lima tahun kemudian, bagaimanapun, itu adalah kepemimpinan PLO's Fateh berbasis yang mencari penyelesaian damai dengan Israel, dan sekali lagi PFLP pindah ke oposisi. Pada tahun 1984 PFLP dan Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP) menjadi tulang punggung koalisi baru Palestina garis keras yang disebut Aliansi Demokrat.

Sejak penolakannya terhadap (PLO) rencana Arafat untuk perdamaian dengan Israel dan pendirian Negara Arab Palestina, Habash memindahkan markas besarnya ke Damaskus, Suriah, di mana ia PFLP itu ditoleransi oleh pemimpin Suriah, Hafes Assad. Habash terus menyangkal kepemimpinan Arafat dan menentang ko-eksistensi damai dengan Israel - meskipun dia setuju untuk menerima keputusan Dewan Nasional Palestina.

Habash dikenal Palestina sebagai al-hakim (Dokter). Memiliki derajat yang tinggi karisma, dia menyimpan PFLP utuh melalui perpecahan internal banyak dan aliansi gagal. Pada akhir 1960-an ia telah mengumumkan konversi dari nasionalisme murni Marxisme, dan ia dipelihara beberapa hubungan dengan Soviet setelah awal 1970-an. Ia menikah dan memiliki dua anak perempuan. Pada tahun 1980 ia menderita stroke, yang membuatnya setengah lumpuh. Sementara ia menjalani perawatan untuk stroke tersebut, PFLP mengalami faksi besar internal perkelahian, tapi kembali ke helm tampaknya dipulihkan stabilitas beberapa.

Kelumpuhan parsial yang dihasilkan dari tahun 1980 stroke nya dimoderasi semangat politik Habash dan dibatasi pengaruhnya dalam PFLP dan politik Arab pada umumnya. The Habash berambut perak, bagaimanapun, masih menjadi ancaman bagi perdamaian di Timur Tengah. Pada pertengahan 1990-an, ia pergi ke Libya untuk berunding dengan Muammar Qadhefi, sementara Naef Hawatmeh, pemimpin DFLP, terbang ke Irak untuk bertemu dengan Saddam Hussein. Kedua pemimpin nasional alledgedly mendukung dan mendanai terorisme, termasuk persenjataan berteknologi tinggi dan kamp-kamp pelatihan teroris. Sebagai perubahan iklim politik di Suriah, Habash bisa berencana untuk memindahkan markas PFLP ke Irak. Pada tahun 1999, perundingan untuk mendamaikan faksi dari PLO bertemu dengan beberapa keberhasilan, meskipun penolakan Habash untuk mengambil bagian dalam pembicaraan.

Pada tahun 2000, Habash pensiun sebagai pemimpin PFLP pada usia 73.

Tidak ada komentar: