Rabu, 10 November 2010

Beberapa kalimat Berbahasa Indonesia yg diucapkan Obama


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Barack Obama berjalan beriringan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/11/2010)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Barack Obama memang lahir di Honolulu, Hawai, Amerika Serikat tepatnya 4 Agustus 1961. Tapi Obama waktu umur 6 tahun pernah hidup di Jakarta bersama Ny Ann Dunham ibunya selama 4 tahun yaitu 1967 - 1971. Dia sempat mengeyam sekolah dasar di SD kawasan Menteng, Jakarta Pusat kelas 1 hingga kelas 4.

Maka tidak mustahil masih ada sisa-sisa bahasa Indonesia yang Obama kuasai. Dan itu dia ucapkan ketika berkunjung untuk pertama kalinya ke Indonesia sejak menjadi Presiden Amerika Serikat ke- 44 dilantik 20 Januari 2009.

Presiden yang lebih senang menyertakan nama lengkap Barack Hussein Obama ini datang ke Indonesia bersama ibu negara AS Michele Obama. Dengan keramahan khasnya Obama bersalaman dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta jajaran pemerintahan.

Berikut ini beberapa kalimat yang diucapkan oleh Barack Obama ketika berada di Indonesia tanggal 9 November 2010.

"Apa kabar? Selama sore," kata Obama ketika menyapa wartawan sesaat sebelum mengisi buku tamu di ruang dalam Istana Merdeka. Dalam buku tamu Obama menulis "I'm so glad to return to Indonesia and hope the bonds between our countries to grow stronger." atau "Saya sangat senang kembali ke Indonesia dan berharap ikatan diantara kita tumbuh semakin kuat" tulisnya.

"Terima kasih and assalamu alaikum," kata Obama mengakhiri pidatonya dan hal itu membuat Presiden Yudhoyono tersenyum mendengarnya.

"Bakso, nasi goreng, emping, semuanya enak. Terima kasih," ujar Obama tanpa membaca teks ketika memberikan sambutan di acara jamuan makan malam di Istana Negara, Jakarta.

Ketika memegang dan menjabat tangan Presiden SBY pun, Presiden Obama juga mengucapkan sapaan berbahasa Indonesia "Apa kabar? Selamat sore," katanya

Sebagai bangsa Indonesia tentu bangga bila bahasa persatuan dipakai atau diucapkan oleh seorang presiden Amerika Serikat walau hanya beberapa kalimat tapi hal itu menunjukkan simpati dan adanya ikatan emosional dengan bangsa Indonesia.

Rabu (10/11) ini Presiden Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta, Taman Makam Pahlawan di Kalibata dan ceramah umum di kampus UI Depok. Mungkinkah masih ada beberapa kalimat menggunakan bahasa Indonesia yang akan diucapkan?

Di lain kesempatan, Obama pun tetap menegaskan dirinya bahwa dia seorang penganut Kristen walau ada nama Hussein di tengahnya. Dan banyak pengamat menyarankan agar Hussein disingkat menjadi H, tapi Obama tetap berprinsip menggunakan nama lengkap dari Hussein kakeknya di Kenya Afrika.

Saking getolnya Obama mendukung pendirian masjid di Ground Zero area bekas bangunan WTC maka dia pun dikabarkan penganut Islam. Lagi-lagi Obama menegaskan bahwa dia seorang Kristen.

"Saya memeluk agama Kristen, karena memang memilihnya. Jujur, keluarga saya bukanlah penganut Kristen yang taat, jadi baru mulai mendalami Kristen di saat dewasa," katanya kala itu membantah.

Walau begitu Obama tidak mengingkari kenyataan bahwa ada saudara atau kerabatnya yang memiliki nama-nama Islam seperti Said Obama. Atau nama kerabat lain seperti Sarah Obama, Maggie Obama dan lain-lain. Tapi hal itu tidak masalah, walau kadang lawan politiknya sering menuduh Obama cenderung memilih kebijakan yang memihak dunia Islam.
(*)

Tidak ada komentar: