Senin, 03 Januari 2011

Maanfaat dan Pentingnya Sarapan Telur


Sarapan dengan menu telur bisa ternyata bisa menjaga berat badan Anda. Selain itu sarapan dengan menu telur juga bisa mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebih saat siang hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para Ahli dari Amerika ditemukan bahwa pria yang sarapan dengan menu telur cenderung makan lebih sedikit saat siang hari jika dibanding dengan mereka yang sarapan paginya dengan menu karbohidrat yang tinggi. Hasil penelitian ini juga dipublikasikan dama jurnal Nutrition Research.

Penelitian tersebut juga menguatkan studi sebelumnya yang menyatakan sarapan dengan telur membantu mengurangi aspan kalori pada siang hari dan membantu mengurangi berat badan hingga 65 persen. Orang yang sarapan dengan telur juga terbukti lebih berenergi daripada mereka yang hanya mengkonsumsi karbohidrat.

Dalam penelitian itu juga membandingkan dua kelompok responden dengan menu sarapan khas Amerika. Mereka yang sarapan dengan menu telur tidak akan merasa kelaparan di siang hari.

Memang, telur mengandung protein yang bisa digunakan sebagai cadangan energi apabila cadangan lemak dan karbohidrat dalam tubuh sudah habis. Protein juga bisa merangsang produksi enzim yang bisa membantu kontraksi otot dan kegiatan sel lain.

Namun demikian, sarapan yang baik adalah sarapan yang mengandung karbphidrat, serat, vitamin, mineral dan tidak terlalu banyak lemak.

Tidak ada komentar: