Selasa, 26 Oktober 2010

Rumah Termahal dan Terbesar Di Dunia Selesai Dibangun


Rumah termahal dan terbesar di dunia baru-baru ini selesai dibangun di Mumbai, India. Antilia yang rendernya pertama kali diperkenalkan dua tahun lalu sekarang sudah menjadi kenyataan, menjulang setinggi 27 tingkat dengan ketinggian 568 kaki (173 meter), dengan total area lebih dari 398 ribu kaki persegi (37 ribu meter persegi).

Antilia merupakan rumah bernilai $1 milyar (Rp 9 trilyun) yang dibangun untuk orang terkaya di India — nomor empat terkaya di dunia menurut Forbes — Mukesh Ambani, istrinya dan ketiga anak mereka. Dibangun di dalam negara yang diperkirakan memiliki 1/3 populasi kaum miskin, Antilia benar-benar menjadi contoh dari konsumsi berlebihan, pemborosan yang merasuki masyarakat hari ini.

Antilia sendiri merupakan hasil kerja sama antara perusahaan arsitektur Perkins+Will dan Hirsch Bedner Associates. Rumah yang membutuhkan waktu beberapa tahun ini untuk menyelesaikannya, jauh dari gambaran sederhana. Menara ini awalnya memiliki 60 lantai namun karena Ambani menginginkan tinggi langit yang sangat tinggi sehingga rumah ini akhirnya hanya memiliki 27 lantai. Bangunan ini berdiri di jalan Altamount — kawasan pemukiman elit — dengan tinggi lebih dari 2X dari gedung-gedung di sekitarnya.

Rumah itu sendiri memiliki sebuah klub kebugaran dengan sebuah pusat kebugaran dan studio tari, kolam renang, ballroom, ruang tamu, berbagai lounge, dan bioskop dengan 50 tempat duduk. Tiga landasan helikopter sudah disediakan di atap, dan tempat parkir mobil untuk 160 mobil terdapat di lantai dasar. Jelas ruang ini terlalu luas untuk ditangani seorang pembantu, atau sejumlah staff hotel, karena itu keluarga Ambani mempekerjakan 600 staff untuk mengurus rumah ini.

Awalnya Antilia mempromosikan dirinya sebagai salah satu bangunan paling ramah lingkungan di dunia. Dalam render awalnya, bangunan ini digambarkan dipenuhi dengan dedaunan, tapi kenyataannya digantikan oleh tumpukan baja kaku yang menjulang ke angkasa. Karena itu kami memberi status rumah ini: GAGAL TOTAL.

1 komentar: