Jumat, 17 Juni 2011

Penumpang Gantikan Pilot Tewas Saat Menerbangkan Pesawat


Bayangkan ketika Anda menaiki sebuah pesawat, tiba tiba sang pilot tewas. Apa akan anda lakukan? Untuk Doug White, salah seorang penumpang pesawat tujuan Florida, Amerika Serikat ini, sepertinya tidak ada pilihan selain menerbangkan pesawat tersebut.

Tidak hanya menerbangkan, pria 56 tahun itu juga berhasil mendaratkan pesawat sekitar 30 menit kemudian berkat bimbingan seorang pilot King Air. Pilot yang ada di tempat berbeda tersebut sukses memberi intruksi pada petugas kontrol udara yang secara jelas dan tepat meneruskannya kepada White.

Sang pilot, Joe Cabuk, awalnya tak sadarkan diri saat sedang mengemudikan pesawat. White mengatakan mereka mencoba menyadarkan selama 30 menit, tapi Cabuk ternyata meninggal. White terpaksa mengambil alih ruang kokpit. Meski memiliki lisensi terbang, White belum pernah menerbangkan pesawat sebesar King Air.

White memiliki 150 jam terbang dalam beberapa waktu terakhir dengan menerbangkan pesawat mesin tunggal Cessna 172, tetapi tidak berpengalaman menerbangkan pesawat yang lebih cepat dan lebih besar seperti King Air. Dia menyatakan keadaan darurat kepada petugas kontrol udara.

Tidak ada komentar: